Adakah Tanda dan Ciri-ciri Varikokel pada Pria yang Bisa Dikenali?




Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah vena di skrotum Varikokel ialah pembesaran pembuluh darah vena di skrotum, kantong yang membungkus testis atau buah zakar pada lelaki. Situasi seperti varises ini jadi pemicu umum pengurangan produksi serta kualitas sperma – hingga beresiko menyebabkan infertilitas. Apa ada sinyal atau beberapa ciri varikokel yang dapat golongan pria cermati?

Sinyal serta beberapa ciri varikokel, apa ada?Varikokel umumnya tidak memunculkan tanda-tanda atau pertanda. Tetapi, pasien varikokel bisa jadi akan merasai sakit pada ruang skrotumnya. Rasakan sakit yang dirasakan pasien varikokel dapat mempunyai beberapa ciri di bawah ini:

Rasakan sakit beragam dari ngilu yang karakternya tajam sampai tumpul

Rasakan sakit bertambah waktu berdiri atau melakukan aktivitas fisik, khususnya dalam periode waktu lama

Rasakan sakit lebih buruk walaupun dalam sehari

Rasakan sakit berkurang jika penderitanya berbaring celentang

Selanjutnya, seiring berjalannya waktu, varikokel akan makin jadi membesar serta diiringi dengan beberapa ciri di bawah ini:

Timbulnya tonjolan di salah satunya testis atau buah zakar

Ada bengkak di skrotum

Pembuluh darah yang nampak jadi membesar serta membengkok di skrotum. Umumnya, pembengkokan itu bisa seperti terlihat seonggok cacing.

Kapan harus ke dokter untuk bereskan varikokel?Anda dianjurkan untuk selekasnya menjumpai dokter jika alami situasi di bawah ini:

Uniknya Main Sabung Ayam Via Internet

Alami rasakan sakit atau mendapatkan bengkak di skrotum

Mendapatkan ada massa pada skrotum

Lihat ada ketidaksamaan ukuran pada testis

Mempunyai kisah varikokel pada waktu dulu

Alami permasalahan dengan kesuburan

Beberapa situasi klinis bisa mengakibatkan massa skrotum atau ngilu testis, yang salah satunya membutuhkan perawatan selekasnya dari dokter.

Bagaimanakah cara dokter menangani varikokel?Varikokel umumnya tak perlu diatasi bila tidak memiliki gejala. Perlakuan dokter kemungkinan dibutuhkan jika varikokel menyebabkan rasakan sakit, atrofi testis (testis yang mengecil), serta infertilitas.

Beberapa perlakuan yang bisa menolong menurunkan rasakan sakit sebab varikokel, yakni:

1. VaricocelectomyVaricocelectomy ialah operasi tanpa ada bermalam atau usai di hari yang sama. Pada mekanisme ini, seorang pakar urologi akan membuat irisan lewat perut atau panggul, selanjutnya menjepit atau mengikat pembuluh darah abnormal sebagai varikokel. Darah di seputar pembuluh yang abnormal selanjutnya akan disalurkan ke pembuluh yang normal.

Bahas sama dokter tentang persiapan varicocelectomy untuk tangani varikokelAnda dapat konsultasi sama dokter mengenai apa yang penting disiapkan sebelum jalani operasi varicocelectomy serta apakah yang diinginkan sesudah operasi.

2. Embolisasi Pada mekanisme embolisasi, seorang pakar radiologi akan masukkan semacam tabung kecil ke pembuluh darah di pangkal paha atau leher. Selanjutnya, dokter akan melepas koil atau zat yang membuat penyumbatan di pembuluh darah testis. Penyumbatan itu akan mengganggu saluran darah ke varikokel serta melakukan perbaikan.

Kompleksitas varikokel, apa ada?Seperti penyakit lain, varikokel dapat memunculkan kompleksitas spesifik. Kompleksitas varikokel, termasuk juga:

1. Penyusutan testis (atrofi) Sejumlah besar testis pada pria terbagi dalam tubulus pemroduksi sperma. Jika alami masalah, seperti sebab varikokel, testis bisa berkurang serta melunak.

Pemicu penyusutan ini sendiri tidak dapat dinyatakan. Tetapi, ada peluang penyusutan dikarenakan oleh katup pembuluh vena yang terusik yang menyebabkan berkumpulnya darah. Darah yang bergabung itu tingkatkan desakan sekaligus juga toksin di pembuluh darah – yang selanjutnya bisa jadi mengakibatkan testis jadi rusak.

2. InfertilitasVarikokel beresiko menyebabkan temperatur di atau di seputar testis jadi begitu tinggi. Ini akan mengubah pembangunan, gerakan (motilitas), serta peranan sperma.

Perkembangan pola hidup bila menanggung derita varikokelJika Anda mempunyai varikokel tetapi tidak mengubah kesuburan, dokter kemungkinan cuma akan merekomendasikan panduan di bawah ini:

Konsumsi obat pembasmi rasakan sakit, seperti asetaminofen (wajahetamol) atau ibuprofen

Kenakan celana dalam athletic suporter atau jockstrap untuk kurangi rasa ngilu

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQTanda serta beberapa ciri varikokel umumnya tidak tampil pada penderitanya, hingga seringkali tidak memerlukan perlakuan. Tetapi, jika varikokel memunculkan rasakan sakit, operasi serta embolisasi akan perlu dilaksanakan.

Diberdayakan oleh Blogger.